Gais, Ini Loh Pilihan Olahraga untuk Masyarakat Kota

Siti Resa Mutoharoh - Minggu, 8 Agustus 2021, 7:45 WIB

Ilustrasi: Olahraga saat puasa RamadanIlustrasi: Gais, Ini Loh Pilihan Olahraga untuk Masyarakat Kota /Th G/Pixabay

Oleh:
Resti Gradia Dwiwina (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran)

FIXINDONESIA.COM - Pesatnya pembangunan di perkotaan mengakibatkan ruang terbuka dan taman kota pun berkurang, hal ini menimbulkan dampak sulitnya mencari tempat untuk berolahraga dan berekreasi bagi masyarakat urban. Pada artikel ini kita akan membahas jenis-jenis olah raga yang cocok bagi masyarakat urban perkotaan.

1. Dynamic Movement Training (DMT), berfokus pada pola dasar alami gerakan manusia sehari hari seperti membungkuk, berjongkok, menarik, memutar dan menerjang. Semua gerakan tersebut diolah hingga membentuk kegiatan multiplanar. Konsep DMT ini dilakukan dengan metode High Intensity Interval Training (HIIT) yang melatih otot tubuh, memperkuat otot jantung, dan metabolisme tubuh.

2. Yoga adalah salah satu olahraga yang saat banyak digandrungi. Gerakan- gerakan yoga dapat dilakukan di tempat yg tidak terlalu luas. Tujuannya untuk membantu menguatkan otot sentral (area perut), meredakan stress, mengurangi depresi, melatih kelenturan tubuh, membantu memperbaiki postur, melatih kerja jantung-paru, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi nyeri, mendorong pola hidup sehat,memperlancar aliran darah, dan menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Pilihan Olahraga Pada Masyarakat Urban, Yoga, Tai Ji hingga Bersepeda

Baca juga: Sederet Kemenangan yang Pernah Diraih Greysia Polii di Cabang Olahraga Bulutangkis

3. Calisthenic yang biasa disebut street workout adalah latihan dasar yang biasa dilakukan oleh kaum prajurit selama ribuan tahun. Karena sifatnya yang dapat dilakukan dimana saja, dan menggunakan peralatan yang mudah ditemukan, calisthenic banyak dilakukan oleh kaum muda. Manfaat olahraga calisthenic adalah dapat melatih banyak bagian otot sekaligus.

4. Gym (Fitness), berolah raga di gym sudah lama digandrungi masyarakat urban, bukan hanya untuk berolahraga tapi juga sudah menjadi gaya hidup. Berikut ini beberapa manfaanya yaitu, cepat membakar lemak, meningkatkan kekuatan fisik, kebugaran, membentuk otot, dan membentuk tubuh.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi