FIX! Menag Yaqut Larang Sholat Idul Adha di Wilayah PPKM Darurat

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 14 Juli 2021, 18:20 WIB

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas perbolehkan malam takbiran di masjidFIX! Menag Yaqut Larang Sholat Idul Adha di Wilayah PPKM Darurat /Instagram/@gusyaqut

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah telah melakukan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 untuk menekan laju penularan kasus Covid-19 di Indonesia. 

Selaras dengan kebijakan tersebut, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas melarang umat islam untuk menyelanggarakan malam takbiran di masjid dan takbir keliling. 

Bahkan dalam surat edarannya, menegaskan bahwa sholat Idul Adha 2021 ditiadakan di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. 

Baca juga: Sederet Foto Mikha Tambayong yang Baru Lulus S2 dari Harvard University

Baca juga: Viral! Pria Ini Langsung Talak Istri Setelah Ijab Kabul, Netizen: Rekor Cerai Tercepat di Dunia

“Penyelenggaraan Malam Takbiran di masjid/musalla, takbir keliling, baik dengan arak-arakan berjalan kaki maupun dengan arak-arakan kendaraan, dan Salat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021 M di masjid/musalla yang dikelola masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan atau tempat umum lainnya, juga ditiadakan di seluruh kabupaten/kota dengan level asesmen 3 dan 4 yang diterapkan PPKM Darurat,” kata Menag Yaqut. 

Untuk wilayah yang berada di luar pemberlakuan PPKM Darurat, lanjutnya, sholat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021 M hanya dapat diselenggarakan pada daerah yang masuk Zona Hijau dan Zona Kuning berdasarkan ketetapan Pemerintah Daerah dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat. 

Baca juga: Viral TKA Asal Cina Masuk Indonesia saat PPKM Darurat, Kemnaker: Keberadaanya Sudah Sesuai Regulasi

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemenag

tags
Artikel Rekomendasi