FIX! Mantan Bupati Probolinggo dan Suami Jadi Tersangka Korupsi

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 13 Oktober 2021, 11:44 WIB

FIX! Mantan Bupati Probolinggo dan Suami Jadi Tersangka KorupsiMantan Bupati Probolinggo dan Suami Jadi Tersangka Korupsi/@hasan_aminuddin

FIXINDONESIA.COM - Mantan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin resmi menjadi tersangka korupsi atau gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin ini merupakan anggota Komisi IV DPR RI nonaktif terjerat operasi tangkap tangan (OTT) terkait kasus jual beli jabatan kepala desa.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan pihaknya menetapkan mantan Bupati Probolinggo dan suaminya menjadi tersangka korupsi setelah mengumpulkan bukti permulaan yang cukup.

Baca juga: Haduh, Ada PNS Kemendagri Diperiksa KPK! Terlibat Korupsi e-KTP?

"Setelah ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, penyidik melakukan pengembangan perkara khusus untuk tersangka PTS (Puput) dan HA (Hasan) dengan menetapkan keduanya sebagai tersangka dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang," ungkap Ali. 

Ali menjelaskan, terkait penetapan tersangka baru tersebut, penyidik menjerat pasangan suami istri itu dengan sangkaan Pasal 12B Undang-undang (UU) Tipikor 31/1999-20-2001. Juga, Pasal 3 UU TPPU 8/2010 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

Baca juga: Tak Sendiri, Selain Azis Syamsuddin Ini Deretan Pimpinan DPR yang Juga Jadi Tersangka Korupsi

Ali mengatakan, penetapan tersangka baru terhadap Puput dan Hasan juga disertakan dengan kesaksian para terperiksa. Sejauh ini, kata Ali, dalam perkara baru tersebut, tim penyidik di KPK total sudah memeriksa 17 orang saksi.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi
terkait