FIX! Indosiar akan Hentikan Sementara Tayangan Sinetron Suara Hati Istri: “Zahra”

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 4 Juni 2021, 22:03 WIB

Koalisi 18+ mengirim surat terbuka terkait sinetron Suara Hati Istri ZahraFIX! Indosiar akan Hentikan Sementara Tayangan Sinetron Suara Hati Istri: “Zahra”/Kolase foto/ FIx Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta adanya evaluasi secara menyeluruh terhadap Mega Series Suara Hati Istri: “Zahra” yang dinilai memiliki muatan yang berpotensi melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) KPI 2012. 

Evaluasi tersebut di antaranya mencakup jalan cerita dan kesesuaiannya dengan klasifikasi program siaran yang telah ditentukan (R) serta penggunaan artis yang masih berusia 15 tahun untuk berperan sebagai istri ketiga.

Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan antara KPI dengan Indosiar dan Mega Kreasi Film selaku rumah produksi dari sinetron ini, Kamis 3 Juni 2021.

Baca juga: Sejarah Singkat Asal-Usul Nama Bandung: Ibu Kota Provinsi Jawa Barat

Pertemuan ini digelar sebagai tindak lanjut hasil pemantauan langsung KPI dan pengaduan masyarakat terhadap program siaran “Mega Series Suara Hati Istri: Zahra” atas didugakan melanggar prinsip perlindungan terhadap kepentingan anak dan perempuan.

KPI sendiri telah menerima aduan dari masyarakat yang disampaikan lewat berbagai saluran media sosial, atas sinetron ini. 

Aduan tersebut dikarenakan adanya artis yang masih berusia 15 tahun untuk peran istri ketiga. Padahal dalam undang-undang perlindungan anak, usia 15 masih masuk kategori anak. 

Baca juga: Pemeran Zahra di Sinetron Suara Hati Istri Diganti, Ernest: Bukan Itu Permasalahannya!

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: KPI

tags
Artikel Rekomendasi