FIX! Amerika Serikat Tarik Seluruh Pasukan Militer di Afghanistan

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 1 September 2021, 13:39 WIB

militer amerika serikatFIX! Amerika Serikat Tarik Seluruh Pasukan Militer di Afghanistan /Pixabay

FIXINDONESIA.COM- Pentagon mengumumkan Amerika Serikat telah menyelesaikan penarikan seluruh militernya dari Kabul, Afghanistan. Hal ini mengakhiri sejarah panjang perang Amerika Serikat di Afghanistan selama 20 tahun.

"Saya di sini untuk mengumumkan selesainya penarikan kami dari Afghanistan, dan akhir dari misi militer untuk mengevakuasi warga Amerika, warga negara ketiga dan warga Afghanistan yang rentan," kata Komandan Komando Pusat AS, McKenzie. 

McKenzie menginformasikan, C-17 merupakan pesawat terakhir yang landas dari Afghanistan. Keberangkatan C-17 dikonfirmasi menajdi akhir dari bagian militer, evakuasi, serta akhir dari misi AS sejak peristiwa 11 September 2001.

Baca juga: Hore, Bioskop di Semarang Akan Dibuka

Baca juga: Terkuak! Ini Awal Mula Hubungan Indonesia-Afghanistan Terjalin

"Ini adalah misi yang mengakhiri Osama bin Laden, bersama dengan banyak rekan konspirator al-Qaida, dan itu bukan misi yang murah." Ungkap McKenzie.

Joe Biden selaku Presiden Amerika Serikat menegaskan perihal berakhirnya misi 20 tahun AS di Afghanistan. Biden berterima kasih kepada militer AS yang telah melakukan evakuasi berbahaya.

Juru bicara Taliban Qari Yusuf mengatakan: "Tentara AS terakhir telah meninggalkan bandara Kabul dan negara kami memperoleh kemerdekaan penuh," TV Al Jazeera melaporkan pada hari Senin.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi