Errol Jonathans Suara Surabaya, Socratesnya Dunia Radio

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 26 Mei 2021, 9:12 WIB

ErrolErrol Jonathans Suara Surabaya, Socratesnya Dunia Radio/Suara Surabaya

FIXINDONESIA.COM - Dunia penyiaran tanah air, khususnya dunia radio dikejutkan oleh kabar meninggalnya Errol Jonathans, CEO Suara Surabaya, radio berita di surabaya yang konsisten mengembangkan jurnalisme radio di tanah air.

Error wafat pada tanggal 25 Mei 2021 pukul 11.06 WIB, setelah dirawat beberapa hari di Rumah Sakit Husada Utama Surabaya karena sakit yang dideritanya. 

Pengamat radio dari Fikom Universitas Padjadjaran (Unpad), Dian Wardiana Sjuchro menyatakan, Errol Jonathans adalah Socratesnya dunia radio, khususnya jurnalisme radio di Indonesia. 

Baca juga: Profil Errol Jonathans, Sosok Penyiar yang Meninggal Hari Ini

Baca juga: INNALILLAHI, Pemuda Palestina Ditembak Tentara Israel

Sama halnya dengan Socrates yang menjadi rujukan utama pemikiran modern, Errol pun menjadi kiblat utama bagi dunia jurnalisme radio.

Salah satu buku karya Errol, peninggalannya bagi dunia radio adalah "Socrates Dunia Radio".  Errol adalah referensi bagi jurnalisme radio dan citizen journalism di Indonesia.

"Praktik jurnalisme radio yang diterapkan Errol di Radio Suara Surabaya yang terkenal dengan nama udara radio SS, justru ketika Orba mengharapkan radio membuat berita sendiri," ungkap Dian yang juga seorang penulis buku radio komunitas indonesia kepada FIXINDONESIA.COM, Rabu 26 Mei 2021. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi