EDISI MALAM JUMAT: Legenda Datuk Marsam, Sang Pemimpin yang Berubah Jadi Belalang Kunyit?

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 26 Agustus 2021, 19:00 WIB

Legenda malam hutanEDISI MALAM JUMAT: Legenda Datuk Marsam, Sang Pemimpin yang Berubah Jadi Belalang Kunyit?/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kekayaan legenda. Legenda adalah cerita rakyat yang berisikan tentang tokoh, peristiwa, atau tempat tertentu yang mencampurkan fakta historis dengan mitos. 

Biasanya, legenda sering kali dianggap sebagai "Sejarah" kolektif. Salah satu legenda yang menarik adalah tentang "Datuk Marsam Sang Belalang Kunyit". 

Cerita ini ditulis oleh Muhamad Ikhsan pada tahun 2016 silam. Bagaimana kisah Legenda Datuk Marsam Sang Belalang Kunyit? Simak berikut ini kisahnya. 

Baca juga: Sinopsis Film Rush: Persaingan Legenda F1, Tayang Malam Ini di Bioskop Trans TV

Baca juga: Mengenal Legenda Sangkuriang: Kisah Percintaan hingga jadi Gunung Tangkuban Perahu

Legenda ini berkisah tentang Datuk Marsam yang hidup di Desa Paseban, Jawa Timur. Datuk Marsam adalah seorang pemimpin yang sangat baik dan kharismatik sehingga sangat disegani oleh masyarakatnya. 

Namun pada suatu hari, masyarakat Desa Paseban terkena wabah penyakit. Tak tinggal diam, Datuk Marsam pun segera memanggil ahli nujum untuk mengetahui sebab terjadinya wabah penyakit ini.

Lantas seorang ahli nujum bernama Datuk Sengkati memberi nasihat kepada Datuk Marsam untuk menemukan seorang dukun yang telah menyababkan wabah penyakit itu. Rintangan demi rintangan dihadapai oleh Datuk marsam dan Datuk Sengkati, hingga mereka bertemu dengan si dukun. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemendikbud

tags
Artikel Rekomendasi