Duh, Sekum Muhammadiyah Sebut Sistem Pemerintahan Indonesia Belum Akomodir Suara Minoritas

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 28 Juli 2021, 19:21 WIB

MuhammadiyahDuh, Sekum Muhammadiyah Sebut Sistem Pemerintahan Indonesia Belum Akomodir Suara Minoritas /Muhammadiyah

FIXINDONESIA.COM - Sistem pemerintahan di Indonesia dinilai belum mengakomodasi terwakilkannya suara kelompok minoritas.

Penilaian itu diungkapkan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti. 

Menurutnya, komposisi lembaga negara baik MPR, DPR, dan DPD masih dipilih berdasarkan rumus suara terbanyak. Tak terjaminnya suara minoritas dianggap Mu’ti sebagai sandungan dalam menciptakan demokrasi yang sehat.

Baca juga: Segera Lakukan Ini Jika Kartu Debit atau Kredit Mandiri Hilang

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Sunnah Hari Kamis, 29 Juli 2021 Besok

“Dalam konteks politik saya kira sistem ini memang perlu kita tinjau ulang sehingga memastikan bahwa kelompok-kelompok di Indonesia seberapa pun jumlahnya dengan berapa suku itu memang tetap punya representasi sehingga suara mereka itu didengar dan suara mereka itu menjadi bagian dari kebhinekaan Indonesia yang telembaga di dalam lembaga tinggi negara. Sehingga wajah Indonesia itu adalah wajah mereka yang juga ikut menentukan karena berada pada sistem yang menjadi bagian dari milik kita bersama,” terangnya.

Oleh sebab itu, Abdul Mu’ti mengusulkan agar ada sistem yang menjamin proporsi keanggotaan kelompok minoritas lewat sistem selain pemilu.

“Misalnya tetap ada wakil daerah dan golongan, sebab kalau tidak ada seperti itu maka kelompok minoritas itu kalau dia tidak ditunjuk, tidak diangkat, maka dia tidak akan punya wakil. Sementara ini, kelompok-kelompok minoritas itu bisa terwakili kalau memang ada anggota DPR dan anggota MPR yang ditunjuk, bukan dipilih,” tegasnya.***

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi