Duh Penasaran! Tujuh Tahun Kepemimpinan Jokowi, Bagaimana Kualitas Pendidikan Indonesia?

Rinda Suherlina - Selasa, 26 Oktober 2021, 22:00 WIB

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)./Instagram.com/@jokowi

FIXINDONESIA.COM - Peneliti Bidang Sosial The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII), Nisaaul Muthiah mengatakan, sistem pendidikan di Indonesia saat ini masih membutuhkan banyak perbaikan.

Menurutnya, berdasarkan studi terbaru Programme for International Student Assesment (PISA) tahun 2018 menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan membaca anak usia 15 tahun di Indonesia berada di peringkat 72 dari 77 negara.

Sementara, rata-rata kemampuan matematika dan ilmu pengetahuan berada di peringkat 72 dan 70 dari 78 negara.” jelas Nisaaul.

Lebih lanjut lagi, Nisaaul menyatakan bahwa skor PISA yang diperoleh Indonesia pada tahun 2018 menunjukkan adanya penurunan dibanding skor PISA Indonesia tahun 2015. 

Baca juga: Viral, Polisi Pukul Anggota Gegara Meeting Zoom, Penyebar Video Diduga Adalah Korban

Dengan data tersebut, Nisa menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) kurang meksimal dalam menjalankan misi meningkatkan kualitas manusia Indonesia.

Seperti diketahui, Jokowi sejak menjabat pada bulan Oktober 2014 dan terpilih kembali pada tahun 2019, salah satu misi unggulannya adalah meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Salah satunya dengan melakukan reformasi sistem pendidikan

Pada tahun 2018, rata-rata kemampuan membaca anak Indonesia yakni sebesar 371 poin. Padahal, rata-rata membaca pada tahun 2015 sebesar 397 poin. Sementara, rata-rata kemampuan matematika tahun 2018 sebesar 379 poin, padahal tahun 2015 sebesar 386 poin.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi