Duh Jarang Diketahui, Ternyata Mengalami Hal Ini Tandanya Kamu Kena Gejala Stroke

Rinda Suherlina - Minggu, 12 September 2021, 20:51 WIB

Ilustrasi strokeIlustrasi stroke/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Stroke dapat menyebabkan seseorang mengalami kecacatan sebagian bahkan seluruh tubuh.

Tindakan cepat dan sedini mungkin harus dilakukan untuk mencegah kecacatan terjadi, salah satunya dengan metode FAST (Face, Arm, Speech, Time).

Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional (PON) dr. Mursyid Bustami, Sp. S(K) mengatakan stroke itu terjadi secara mendadak, jadi tidak ada stroke yang pelan-pelan.

''Jadi orang lagi beraktifitas juga tiba-tiba tangannya lemah sebelah, tiba-tiba ngomongnya tidak benar, wajahnya kok turun sebelah gitu,'' katanya dalam konferensi pers Gedbyar Edukasi dalam rangka Hari Kesehatan Nasional secara virtual, Kamis 9 September 2021 di Jakarta.

Baca juga: Diboikot Netizen, Saipul Jamil Justru Banjir Tawaran Job, Indah Sari Heran Tanya Penolakannya Dimana?

Tindakan cepat harus segara dilakukan dengan membawa penderita ke rumah sakit. Untuk mengenali gejala awal masyarakat dapat menggunakan metode FAST (Face, Arm, Speech, Time.

dr. Mursyid menjelaskan, Face merupakan gejala yang dilihat dari wajah seseorang yang tampak tidak normal seperti turun sebelah dan tidak simetris.

Arm merupakan gejala stroke yang dilihat dari lengan penderita menjadi lemah. Jika lengan itu diangkat maka tingginya tidak sama dengan lengan satunya.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi