Duh, Indonesia Dilarang Mengibarkan Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan di WSBK dan MotoGP 2022

Siti Resa Mutoharoh - Sabtu, 16 Oktober 2021, 12:45 WIB

Bendera merah putihDuh, Indonesia Dilarang Mengibarkan Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan di WSBK dan MotoGP 2022/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - Indonesia dilarang mengibarkan bendera Merah Putih dan lagu kebangsaan dalam acara balapan World Superbike (WSBK) dan MotoGP 2022 yang akan digelar beberapa bulan ke depan. 

Larangan mengibarkan bendera Merah Putih dan lagu kebangsaan itu lantaran Badan Anti Doping Dunia (WADA) telah menjatuhkan sanksi pada Indonesia.

Sanksi itu dijatuhi WADA karena Indonesia tidak mematuhi aturan terkait doping. Salah satu hukumannnya tak diperbolehkan menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental atau dunia jika tidak segera membenahi aturan tersebut sesuai yang dijadwalkan.

Baca juga: Viral! Begini Kronologi Ada Bendera HTI di KPK, Surat Terbuka dari Iwan Ismail

Baca juga: Heboh, Ada Bendera HTI di KPK? Cek Faktanya di Sini

Selain itu, sanksi lainnya adalah tidak mengizinkan atlet Indonesia untuk mengibarkan bendera Merah Putih turun di bawah nama negara, kecuali di Olimpiade dan Paralimpiade.

Meski memberikan hukuman, namun WADA tidak akan mengintervensi ajang balapan World Superbike (WSBK) dan MotoGP 2022. Sebab Sirkuit Mandalika sudah menandatangani kontrak, sehingga MotoGP Indonesia bisa tetap berlangsung.

Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipatuhi. Pertama, selama menjadi tuan rumah balapan kelas elit, Indonesia dilarang mengibarkan bendera merah putih pada ajang olahraga selama masa hukuman.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait