DPR RI Buka Ruang Partisipasi Publik dalam Pembahasan RUU Prolegnas Prioritas 2021

Firda Rachmawati - Sabtu, 10 April 2021, 12:12 WIB

Ketua DPR RI, Puan Maharani.Ketua DPR RI, Puan Maharani./Tangkap layar Instagram.com/puanmharaniri

FINDONESIA.COM - DPR RI akan membuka ruang partisipasi publik dalam setiap pembahasan pembentukan Rancangan Undang-Undang (RUU) Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

Ketua DPR RI Puan Maharani juga menegaskan komitmen DPR RI bersama pemerintah dalam membahas RUU tersebut.

“Penetapan Prolegnas tersebut merupakan bentuk komitmen DPR dan Pemerintah untuk memiliki acuan yang terukur dalam memenuhi kebutuhan hukum nasional,” kata Puan, dikutip FIXINDONESIA.COM, Sabtu, 10 April 2021.

Baca juga: Gunung Berapi La Soufriere Karibia Meletus, Ribuan Orang Dievakuasi

Puan menuturkan, DPR bersama pemerintah perlu segera menyelesaikan pembahasan RUU yang sudah pada tahap pembicaraan tingkat I. DPR juga perlu segera menetapkan RUU usul DPR yang sudah selesai dalam tahap harmonisasi, pembulatan, dan pemantapan konsepsi. 

“Dalam semua tahapan pembentukan RUU tersebut, DPR mengutamakan produk RUU yang berkualitas baik dalam memenuhi kebutuhan hukum nasional juga berkualitas dalam memenuhi aspek legitimasi sosial,” ujar politisi PDI-Perjuangan itu.

Puan memastikan bahwa DPR membuka ruang partisipasi publik dalam setiap tahapan pembentukan RUU. Ia mengungkapkan bahwa proses revisi perubahan UU Nomor 21 Tahun 2001 jo. UU Nomor 35 Tahun 2008 tentang Otonomi Khusus Papua, 

Baca juga: Shio Hari Ini, Sabtu 10 April 2021: Tikus, Lembu, Harimau dan Kelinci

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi