Dosen Undip Beberkan Tips Puasa Ramadhan di Masa Pandemi Covid-19

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 12 April 2021, 21:20 WIB

puasaDosen Undip Beberkan Tips Puasa Ramadhan di Masa Pandemi Covid-19 /FIXINDONESIA.COM

FIXINDONESIA.COM - Puasa Ramadhan tahun 2021 ini merupakan tahun kedua puasa di masa pandemi Covid-19. Tentunya hal ini akan membawa suasana yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli mendapatkan bahwa puasa Ramadhan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan di antaranya dapat memperbaiki kadar gula darah melalui mekanisme peningkatan sensitivitas insulin, memperbaiki tekanan darah dan frekuensi nadi, menurunkan Berat Badan pada individu-individu yang overweight/obesitas, dan  memperbaiki kadar lemak dalam darah. 

Dosen Universitas Diponegoro (Undip), dr. Annta Kern Nugrohowati, MSi., SpGK menjelaskan, terkait dengan kekebalan tubuh, puasa dapat menurunkan kadar sitokin proinflamasi ( IL-1B, IL-6 dan TNF alfa), penanda oksidative stress dan CRP.

Baca juga7 Minuman Sehat untuk Berbuka Puasa yang Bisa Bantu Menambah Energi

Sehingga puasa Ramadhan di masa pandemi Covid-19 aman dan tidak akan menurunkan imunitas, tentunya ini berlaku bagi individu yang tidak memiliki penyakit kronis sebelumnya.

Apabila seseorang memiliki penyakit kronis seperti Hipertensi,Diabetes Melitus, Gangguan pada Jantung ataupun Gangguan pada Ginjal disarankan untuk terlebih dulu konsultasi kepada dokter apakah diperbolehkan untuk menjalankan puasa Ramadhan atau tidak.

"Puasa Ramadhan di Masa Pandemi Covid -19 dapat dijalankan dengan aman dan akan memberikan manfaat untuk kesehatan selama terdapat keseimbangan antara asupan makan dan aktivitas fisik," ungkap dr. Annta Kern Nugrohowati dilansir FIXINDONESIA.COM dari laman resmi Undip

Selama puasa Ramadhan disarankan untuk konsumsi makanan dengan gizi lengkap yaitu terdapat sumber karbohidrat, protein ,lemak,sayur dan buah serta harus cukup minum.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Universitas Diponegoro

tags
Artikel Rekomendasi



terkait