Dosen Kedokteran Unpad: Anak SD Kelas 6 Sasaran Tepat Diberi Pemahaman Organ Reproduksi

Rinda Suherlina - Rabu, 4 Agustus 2021, 20:30 WIB

IlustrasiIlustrasi/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Resti Gradia mengatakan, anak- anak Sekolah Dasar kelas VI, merupakan sasaran yang tepat untuk diberi pemahaman tentang organ reproduksi.

Pasalnya kata ia siswa sekolah dasar kelas VI berusia antara 12-14 tahun, termasuk pada masa remaja awal, yaitu fase dimana mereka mudah sekali terpapar informasi yang buruk dan menyesatkan mengenai seks melalui berbagai sumber informasi yang kurang tepat.

Terlebih kata ia dewasa ini masa pubertas lebih cepat dialami karena gizi yang baik.

Baca juga: Hotman Paris Sarankan Ayu Ting Ting Berhenti Perkarakan KD, Alasannya Bikin Ngeri

Menurut survei yang dilakukan oleh Youth Center PKBI tahun 2001, mengungkapkan bahwa pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi terutama didapat dari teman sebaya, disusul mlalui televisi, majalah atau media cetak lain, sedangkan orangtua dan guru menduduki posisi kedua setelah sumber tadi. 

Oleh karena itu pendidikan yang baik dari media yang formal, seperti sekolah, akan menjadi sangat baik untuk mengenalkan organ reproduksi, fungsinya, serta bagaimana cara pemeliharaan kesehatannya. 

Pubertas merupakan karakteristik primer pada masa remaja awal, dengan batasan usia antara 11-14 tahun. Perubahan-perubahan yang terjadi secara pesat dapat menimbulkan kebingungan pada diri remaja.

Baca juga: Bansos Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Ristek Cair, Ini Jumlahnya

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi