Dosen Farmasi dan Pangan Universitas Barcelona Ungkap Manfaat Kacang Tanah, Pereda Stres

Siti Resa Mutoharoh - Minggu, 24 Oktober 2021, 19:10 WIB

KacangDosen Farmasi dan Pangan Universitas  Barcelona Ungkap Manfaat Kacang Tanah, Pereda Stres/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - Sebuah studi terbaru mengungkap ada sejumlah manfaat kacang tanah untuk kesehatan mental jika dikonsumsi dengan baik. 

Studi dipimpin Direktur INSA-UB dan Dosen Fakultas Farmasi dan Ilmu Pangan Universitas Barcelona, Rosa M. Lamuela serta anggota Physiopathology of Obesity and Nutrition Networking Biomedical Research Center (CIBEROBN) mengungkapka, bahwa kacang tanah memberi dampak untuk meredakan stres pada individu muda dan sehat.

"Pada populasi yang berisiko ini, lebih mudah untuk mengamati efek menguntungkan dari mengubah pola makanan atau memperkenalkan makanan sehat dalam pola makan mereka," ungkap Lamuela dilansir dari eurasiareview. 

Baca juga: 5 Manfaat Jamur untuk Kesehatan, Dijamin Belum Tahu Deh!

Baca juga: 4 Manfaat Brotowali untuk Kesehatan, Nomor Satu Udah Tahu Belum?

Namun, dalam penelitian Lamuela mengatakan belum mengamati efek menguntungkan dari asupan harian produk kacang tanah pada peningkatan fungsi kognitif dan respons stres pada populasi muda dan kesehatan.

Tim menganalisis potensi efek kesehatan dari konsumsi kacang tanah melalui serangkaian tes kognitif dan tes analitik yang terkait dengan indikator biokimia dari respons stres seperti kortisol.

Hasilnya mengungkapkan peningkatan asam lemak rantai pendek feses dari mikrobiota, selain dari biomarker spesifik kacang, asam lemak jenuh rantai panjang dan polifenol tertentu, yang merupakan senyawa bioaktif yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait