Diteror Pinjaman Online? Segera Lapor ke Kantor Ini!

Firda Rachmawati - Jumat, 18 Juni 2021, 12:10 WIB

Ilustrasi pinjaman onlineIlustrasi pinjaman online/Pixabay/mohamed_hassan

FIXINDONESIA.COM - Polri membuka ruang bagi masyarakat yang merasa menjadi korban Pinjaman Online ilegal untuk dapat melapor ke kepolisian terdekat. Ilegal dalam hal ini merujuk pada perusahaan Pinjol yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Pol. Whisnu Hermawan Februanto mengatakan bahwa kepolisian di seluruh wilayah Indonesia sudah mendapat perintah penanganan perkara tersebut dari Mabes Polri.

"Tidak menutup kemungkinan masih ada laporan masyarakat terkait pinjaman online tersebut. Silakan laporkan kepada polisi terdekat, karena semua reserse yang ada di Indonesia sudah paham dengan arahan Kabareskrim terkait pengungkapan kasus-kasus pinjol tersebut," jelasnya.

Baca juga: Waduh! Ini Lima Provinsi dengan Kenaikan Kasus Covid-19 Tertinggi

Whisnu juga mengatakan bahwa penyidik kepolisian berharap mendapat informasi sebanyak-banyaknya dari masyarakat sehingga bisa mengungkap lebih banyak perkara berkaitan dengan pinjaman online.

Lebih lanjut, Whisnu menuturkan, menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), masih ada sekitar 3 ribu pinjol ilegal alias tak terdaftar di lembaga pengawasan tersebut. Oleh sebab itu, kata dia, besar kemungkinan ada banyak sekali masyarakat yang diresahkan oleh para Pinjol ilegal di masa tenggat pembayaran.

Pinjol-pinjol tersebut seringkali mencekik nasabahnya dengan bunga yang tinggi. Jika tak mampu membayar, maka pinjol akan meneror peminjam dengan cara-cara yang ilegal. Misalnya, mereka mengambil data-data pribadi milik peminjam secara ilegal

Baca juga: Innalillahi! 35 Santri di Boyolali Positif Covid-19

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Tribratanews

tags
Artikel Rekomendasi