Diduga Terima Dana Bantuan untuk Indramayu, Ade Barkah dan Siti Aisyah Resmi Jadi Tersangka KPK

Agus Satia Negara - Jumat, 16 April 2021, 14:51 WIB

Ilustrasi KPK.Ilustrasi KPK./Instagram.com/@official.kpk

FIXINDONESIA.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan dua orang anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, yakni Ade Barkah Surahman dan Siti Aisyah Tuti Handayani dalam dugaan kasus suap dana bantuan Provinsi Jawa Barat kepada Kabupaten Indramayu tahun anggaran 2017-2019.

Saat KPK melakukan penangkapan, Ade Barkah Surahman masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Barat periode 2019-2024.

Perkara tersebut merupakan pengembangan kasus yang diawali dari kegiatan tangkap tangan KPK. Sebelumnya, pada 15 Oktober 2019 silam, KPK melakukan operasi tangkap tangan di Indramayu.

Hasilnya, KPK berhasil menetapkan empat orang tersangka dan menyita uang terkait perkara sebesar Rp685 juta.

Empat tersangka yang ditetapkan setelah kegiatan tangkap tangan adalah SP (Bupati Indramayu 2014-2019), OMS (Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu), WT (Kepala Bidang Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu), dan CAS (swasta).

Baca juga: Profil Ade Barkah Wakil Ketua DPRD Jabar Jadi Tersangka Kasus Suap Indramayu

Selanjutnya, sekitar bulan Agustus 2020 KPK juga menetapkan tersangka lainnya yang juga Anggota DPRD Jawa Barat, Abdul Rozak Muslim yang saat ini masih dalam proses persidangan pada Pengadilan Tipikor, Pengadilan Negeri (PN) Bandung,

Juru Bicara Bidang Penindakan Ali Fikri mengatakan, dari fakta-fakta hasil penyidikan dan persidangan, KPK menemukan bukti permulaan yang cukup terkait adanya dugaan keterlibatan pihak lain.

Editor: Agus Satia Negara

Sumber: KPK

tags
Artikel Rekomendasi
terkait