Diduga Menistakan Agama! Kominfo Blokir Puluhan Konten Youtube Muhammad Kece

Rinda Suherlina - Selasa, 24 Agustus 2021, 9:40 WIB

Muhammad KeceKominfo memblokir konten YouTube Muhammad Kece/Tangkapan layar YouTube Muhammad Kece

FIXINDONESIA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memblokir 20 video dari akun Youtube M. Kece, serta 1 video dari platform TikTok.

Sebelumnya akun Youtube M. Kece diduga memiliki muatan penodaan agama dan/atau informasi yang dapat menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). 

"Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap 20 video dari akun Youtube M. Kece, serta 1 video dari platform TikTok," demikian disampaikan Kemenkominfo dalam keterangan tertulisnya yang dikutip pada Selasa 24 Agustus 2021.

Baca juga: Alhamdulillah Rejeki Lagi! Kemenag Beri Potongan UKT Mahasiswa Hingga 100%

Upaya penanganan konten terhadap akun Youtube M. Kece dilakukan sesuai dengan beberapa ketentuan perundangan berikut, antara lain: 

PP Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik (PSTE), khususnya pada Pasal 5 terkait larangan bagi Penyelenggara Sistem Elektronik untuk memuat konten yang melanggar aturan dan Pasal 96 terkait klasifikasi dan definisi konten yang melanggar peraturan; 

Peraturan Menteri (PM) No. 5 tahun 2020, khususnya Pasal 13 mengenai kewajiban pemutusan akses terhadap Informasi Elektronik dan Dokumen Elektronik yang dilarang, serta Pasal 15 mengenai ketentuan waktu serta prosedur pemutusan akses konten yang dilarang; serta

Baca juga: WONDERLAND INDONESIA by Alffy Rev, Khayalan atau Harapan hingga Mengapa Naga Bukan Garuda?

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi