Data Penerima Diperbaharui Setiap Bulan, Cek Bansos 2021 di Link cekbansos.kemensos.go.id

Rinda Suherlina - Jumat, 30 Juli 2021, 9:00 WIB

Cek bansosCek bansos/Cekbansos.go.id

FIXINDONESIA.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI di kompleks Parlemen, Senayan pada hari Senin 24 Mei 2021 dengan agenda Pembahasan kebijakan verifikasi dan validasi data kemiskinan di Indonesia.

Mensos menjelaskan permasalahan yang terdapat dalam DTKS terutama menyangkut integritas data, transparansi data, integrasi beragam bansos, dan regulasi dan pengelolaannya.

Permasalahan yang diidentifikasi ini diantaranya merupakan hasil pemeriksaan dari BPKP, BPK, dan KPK pada tahun 2020, seperti KPK mendapati 1) sejumlah 16.796.924 data tidak padan dukcapil, 2) pemutakhiran DTKS berpotensi inefisien dan; tumpang tindih sehingga KPK merekomendasikan kepada Kementerian Sosial untuk melakukan pemadanan DTKS dengan dukcapil, dan menggunakan NIK sebagai key field. 

Baca juga: CEK DI SINI! Jadwal Pencairan Bansos 2021: PKH, BST, BPNT dan 10 Jenis Bansos Lainnya

Dalam rangka meningkatkan integritas DTKS, Kemensos telah dan akan melakukan Langkah-langkah perbaikan diantaranya :

1) melakukan pembenahan data dengan meluncurkan “New DTKS” melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 pada tanggal 1 April 2021. New DTKS ini merupakan penyatuan “4 pulau data” meliputi DTKS, PKH, BPNT, dan BST;

2) melakukan pembenahan proses sehingga semua bansos menggunakan data “New DTKS”, periodisasi bulanan penetapan DTKS, usulan oleh daerah, validasi NIK ke dukcapil, dan rekonsiliasi hasil penyaluran ke New DTKS;

Baca juga: 7 Golongan yang Bisa Dapat Bansos PKH 2021 di Masa PPKM, Rp3 Juta untuk Ibu Hamil

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi