Daftar Hari Libur dan Cuti Bersama Terbaru Tahun 2021: Satu Hari Ditiadakan

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 18 Juni 2021, 21:50 WIB

Kalender daftar hari liburDaftar Hari Libur dan Cuti Bersama Terbaru Tahun 2021: Satu Hari Ditiadakan /Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Daftar hari libur dan cuti bersama tahun 2021 terbaru hasil kesepakatan Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB).

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan berkaitan dengan masalah merebaknya penularan dan penyebaran wabah COVID-19 yang sampai sekarang masih belum bisa tuntas, maka kemudian Bapak Presiden memberikan arahan agar ada peninjauan ulang terhadap masalah libur dan cuti bersama,” ujar Menko PMK, Muhajir Effendy dalam keterangannya, Jumat 18 Juni 2021. 

Muhajir mengatakan, berdasarkan arahan tersebut, pemerintah memutuskan untuk mengubah dua hari libur nasional dan meniadakan satu hari libur cuti bersama.

Baca juga: Gais! Bayar Kuliah di ITB Bisa Dicicil Loh, Yuk Simak Caranya

“Sesuai arahan Bapak Presiden dan hasil keputusan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri, maka perlu dilakukan tindakan terukur dan efektif untuk mengendalikan penyebaran pandemi COVID-19. Pengubahan hari libur diterapkan pada hari raya keagamaan yang tidak ada ritual ibadahnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya long weekend,” ujarnya.

Menko PMK menambahkan, keputusan pemerintah ini didasarkan pada pertimbangan untuk menghindarkan kemungkinan berkumpulnya masyarakat pada waktu tertentu.

“Pemerintah perlu mengubah hari libur nasional dan menghapus Cuti Bersama Hari Natal 2021 untuk menghindari long weekend yang berpotensi mendorong penumpukan masyarakat pada waktu tertentu sehingga meningkatkan penyebaran COVID-19,” jelasnya. 

Adapun perubahan hari libur nasional cuti bersama tahun 2021 yang tertuang dalam SKB yang ditandatangani pada tanggal 18 Juni ini adalah sebagai berikut:

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: BPMI

tags
Artikel Rekomendasi