CPNS 2021 Tidak Ada Formasi Guru? Begini Tanggapan Mendikbud

Fahrurrazi Assyar Halim - Sabtu, 20 Maret 2021, 3:00 WIB

Meendikbud Nadiem Anwar Makarim pastikan tidak akan menghapus pelajaran agamaMeendikbud Nadiem Anwar Makarim pastikan tidak akan menghapus pelajaran agama/Instagram @nadiemmakarim

FIXINDONESIA.COM - Rencana peniadaan CPNS 2021 dihilangkan dan digantikan oleh PPPK 2021 menuai protes dari berbagai pihak, Menteri Nadiem Makarim tegaskan bahwa itu mispersepsi.

Beredar kabar bahwa formasi guru pada CPNS 2021 akan dihapus, sehingga guru hanya boleh mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kabar ini berasa dari Kepala Bandan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring di Jakarta, Bima Haria mengumumkan kepada wartawan bahwa pada CPNS 2021 tidak merancang formasi bagi guru.

"Kami sepakat bahwa untuk guru itu akan beralih menjadi PPPK. Jadi bukan CPNS lagi. Ke depan mungkin kami tidak akan menerima guru dengan status CPNS, tapi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja,"tutur Bima Haria Wibisana Kepala BKN

Baca juga: Kabar Baik Bagi yang Memiliki Jenis Usaha Ini, Bisa Dapat Bantuan Modal Usaha 3,5 Juta

Tidak hanya itu, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahril juga angkat bicara bahwa kedepannya CPNS akan tetap ada. 

"Formasi CPNS bagi guru tetap akan diadakan ke depannya, di samping perekrutan guru PPPK skala besar yang menjadi fokus pemerintah di tahun 2021," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril. 

menimbang, kesejahteraan guru di Indonesia masih jauh dari kata layak, pendapat tersebut mendapat banyak penolakan dari berbagai lapisan masyarakat.

Menanggapi hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menulis tanggapan di akun media sosial Instagram pribadinya.

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: BKN

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot