CPNS 2021 Dibuka April Mendatang, Pemerintah Siapkan Formasi Lebih Banyak Dibandingkan Tahun Sebelumnya

Fahrurrazi Assyar Halim - Jumat, 26 Maret 2021, 13:51 WIB

ilustrasi CPNS 2021ilustrasi CPNS 2021/Fahrurrazi Assyar/Humas Pemkot Bandung/Humas Pemkot Bandung

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) Targetkan akan membuka CPNS 2021 pada April mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh MenPAN RB Tjahjo Kumolo, ia membenarkan pembukaan CPNS 2021 akan dilaksanakan pada April mendatang.

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) dan Badan Kepegawaian Negra (BKN) menargetkan pembukaan seleksi CPNS 2021 diperkirakan akan dibuka pada pertengahan tahun.

Tjahjo Kumolo menambahkan bahwa pembukaan seleksi CPNS 2021 segera dilakukan pada pertengahan tahun menimbang program ini menjadi urgensi pada tahun 2021 ini.

Baca juga: 1,3 Juta Formasi Disiapkan KemenPAN RB Agar Dapat Diisi dalam PPPK dan CPNS 2021, Berikut Rinciannya

Pembukaan CPNS 2021 pada pertengahan tahun ini diperkuat dengan pernyataan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan RB, Andi Rahadian, ia mengatakan bahwa pemerintah saat ini memfokuskan pada penyerapan tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Pemerintah targetkan sebanyak 113.172 formasi dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengisi kebutuhan di pemerintah pusat, dan 438.170 formasi dibuka untuk mengisi kebutuhan di daerah.

Sementara itu untuk profesi guru, sebanyak satu juta guru akan diserap melalui seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dan bukan melalui seleksi CPNS seperti tahun sebelumnya untuk memenuhi kekurangan tenaga honorer saat ini.

Baca juga: Pro Kontra Kandungan Babi dalam Vaksin AstraZeneca Habib Rizieq Diusulkan Jadi Duta Vaksin Nasional

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: BKN

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot