CPNS 2021 Dibuka April, Inilah Tahapan yang Harus Kamu Pahami Sebelum Mendaftar

Fahrurrazi Assyar Halim - Senin, 8 Maret 2021, 7:00 WIB

Ilustrasi: Batas usia untuk CPNS 2021 segera dibukaIlustrasi: Batas usia untuk CPNS 2021 segera dibuka/Humas Kabupaten Bandung

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah Bersama Kemen Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) berencana membuka CPNS 2021 pada April.

Para Calon pelamar pada CPNS 2021 diperkirakan akan lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19.

Selain itu lulusan sarjana baru pada 2021 juga diperkirakan akan membludak akan berdampak pada jumlah pendaftar pada CPNS 2021.

Menanggapi hal itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (menpan RB) Tjahjo Kumolo menilai CPNS 2021 sebagai hal yang sangat penting dan dibutuhkan masyarakat ditengah pandemi.

Pemerintah saat ini tengah memfokuskan penyerapan pada tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis, hal ini dikatakan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan RB, Andi Rahadian.

Baca juga: HEBAT! 3 Sup Indonesia Ini Dinobatkan jadi Makanan Paling Enak se Asia, Salah Satunya Rawon

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengisi kebutuhan di pemerintah pusat, akan dibuka sebanyak 113.172, dan 438.170 formasi dibuka untuk mengisi kebutuhan di daerah.

Namun, untuk profsi guru, akan diserap melalui seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) sebanyak satu juta guru, bukan melalui seleksi CPNS seperti tahun sebelumnya untuk memenuhi kekurangan tenaga honorer saat ini.

Sementara untuk profesi tenaga medis atau Tenaga Kesehatan sendiri dikabarkan akan dominan untuk merekrut tenaga dokter spesialis.

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: BKN

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait