Contoh Naskah Khutbah Jumat Hari Ini, 16 April 2021: Sabar Menjalani Ibadah Ramadhan di Masa Pandemi

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 16 April 2021, 10:32 WIB

Ilustrasi Masjid Raya BandungIlustrasi Contoh Naskah Khutbah Jumat Hari Ini, 16 April 2021: Sabar Menjalani Ibadah Ramadhan di Masa Pandemi/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Seluruh umat Islam laki-laki berkewajiban untuk melaksanakan sholat Jumat. Berikut adalah contoh naskah khutbah Jumat hari ini, 16 April 2021 bertajuk 'Sabar Menjalani Ibadah Ramadhan di Masa Pandemi'. 

Contoh Naskah Khutbah Jumat 

Khutbah Pertama

اَلْحَمْدُ لله ذِي الْفَضْلِ وَالإِنْعَامِ، فَضَّلَ شَهْرَ رَمَضَانَ عَلَى غَيْرِهِ مِنْ شُهُوْرِ الْعَامِ، خَصَّهُ بِمَزِيْدٍ مِنَ الْفَضْلِ وَالْكَرَمِ وًالإِنْعَامِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، فِي رُبُوْبِيَّتِهِ وَإِلهِيَّتِهِ وَأَسْمَائِهِ وَصِفَاتِهِ (تَبَارَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِي الْجَلالِ وَالإِكْرَامِ)، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَفْضَلُ مَنْ صَلَّى وَصَامَ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْبَرَرَةِ الْكِرَامِ، وَسَلَّمَ تَسْلِيْماً كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ

Kaum muslimin yang berbahagia. Melalui mimbar yang mulia ini, al-Faqir ingin mengajak, khususnya kepada pribadi al-Faqir dan umumnya kepada jamaah Salat Jum’at siang hari ini: Marilah! Kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt dengan mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Alhamdulillah, kita dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan, walaupun puasa tahun ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19. Marilah kita renungkan salah satu sabda Rasulullah Saw: “Puasalah di bulan melatih kesabaran, yakni bulan Ramadhan”. Jika salah satu hikmah berpuasa adalah melatih kesabaran, maka terlebih lagi berpuasa dalam situasi pandemi seperti saat ini. 

Kita benar-benar ditempa untuk menjadi manusia yang lebih banyak bersabar dalam menjalankan perintah agama di satu sisi, dan mengahadapi ujian hidup di sisi lainnya. Dalam ajaran Islam, sabar adakalanya berhubungan dengan ketentuan takdir Allah, seperti kita sabar menghadapi situasi sekarang ini.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemenag

tags
Artikel Rekomendasi
terkait