China Salahkan AS atas Ketegangan di Taiwan

Firda Rachmawati - Kamis, 8 April 2021, 16:51 WIB

Ilustrasi kapal IranIlustrasi kapal Iran/Freepik.com/wirestock

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah Beijing menyalahkan Amerika Serikat (AS), atas ketegangan di Taiwan setelah sebuah kapal perang AS berlayar dekat pulau yang diklaim China, Kamis 8 April 2021.

Mereka menanyakan secara retoris apakah China akan berlayar di Teluk Meksiko sebagai aksi 'unjuk kekuatan'.

Pulau yang dikelola secara demokratis itu mengeluhkan aktivitas militer berulang oleh Beijing dalam beberapa bulan terakhir, dengan angkatan udara China yang hampir setiap hari masuk ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.

Baca juga: Mengenal 5 Museum di TMII: Buah Karya Tien Soeharto

Baca juga: Warga Jepang Tak Sabar Menyelam di Lautan Indonesia, Ternyata Ini Alasannya!

Sementara itu, pihak China menyebutkan sebuah kelompok kapal induk sedang berlatih di dekat pulau tersebut dan pada Rabu, sebuah kapal perang AS berlayar melalui Selat Taiwan.

Dalam jumpa pers, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan kapal-kapal AS yang terlibat dalam provokasi mengirimkan sinyal yang sangat salah kepada pasukan kemerdekaan Taiwan.

Pada 2015, lima kapal Angkatan Laut Tiongkok berlayar di perairan internasional di Laut Bering lepas Alaska, yang pertama terlihat bagi militer Tiongkok yang datang ketika Presiden AS saat itu Barack Obama mengunjungi negara bagian AS.

Baca juga: WIDIH, Tanaman Porang Disebut Komoditas Mahkota! Ternyata Ini Alasannya

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Reuters

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot