Cek Nama Penerima Bansos September 2021 di Link Ini

Rinda Suherlina - Kamis, 9 September 2021, 8:18 WIB

UangUang/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pemerintah daerah punya kewenangan untuk menghapus dan menambahkan penerima bansos.

Hal ini sejalan dengan ketentuan dalam undang-undang (UU) yang memberikan kewenangan kepada pemda untuk melaksanakan pemutakhiran data kemiskinan.

Dengan begitu, pemerintah daerah kata Risma menjadi kunci dari penyaluran bantuan sosial (bansos) tepat sasaran.

Sementara bagi masyarakat yang penasaran apakah sebagai penerima bansos atau bukan, bisa melakukan pengecekan secara mandiri di DTKS Kemensos dengan klik link ini.

Baca juga: Hasil Olah TKP Kebakaran Lapas Tangerang, Puslabfor Polri Bawa Temuan Berupa Kabel dan Alat Listrik

Dalam proses pemutakhiran data, UU memberi kewenangan pemda menentukan siapa saja yang layak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan siapa yang tidak.

Mensos mempersilakan masyarakat mempelajari ketentuan dalam UU No. 13 tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin. 

“Pemutakhiran DTKS itu kewenangan daerah sesuai ketentuan dalam UU No. 13/2011. Prosesnya dimulai dari musyawarah desa atau musyawarah kelurahan. Lalu secara berjenjang naik ke atas. Jadi, pemda dan jajarannya sampai tingkat desa/kelurahan memiliki kewenangan penuh menentukan siapa yang layak menerima bantuan dan siapa yang tidak,” kata Mensos Risma di Jakarta beberapa waktu lalu.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi