CEK FAKTA: Vaksin Sinovac Efektif Cegah Kematian

Siti Resa Mutoharoh - Sabtu, 15 Mei 2021, 18:10 WIB

Ilustrasi VaksinasiIlustrasi CEK FAKTA: Vaksin Sinovac Efektif Cegah Kematian/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Ketua Tim Peneliti Efektivitas Vaksin Kemenkes Pandji Dhewantara mengungkapkan, hasil kajian menyatakan vaksin Sinovac efektif mencegah kematian.

Hal itu berdasarkan kajian tim Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI terkait keefektifan vaksinasi Sinovac terhadap infeksi COVID-19 baik perawatan maupun kematian khususnya kepada tenaga kesehatan DKI Jakarta. 

Menurut Pandji, berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya pemberian vaksinasi dosis lengkap itu secara signifikan dapat menurunkan risiko dan mencegah COVID-19 bergejala.

Baca juga: Cerita Haru Nakes Wisma Atlet Berlebaran Jauh dari Keluarga Tercinta

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Wajib Anda Kunjungi saat Libur Lebaran

''Vaksinasi menurunkan risiko perawatan dan kematian sampai 98%, jauh lebih besar dibandingkan pada individu yang baru menerima dosis pertama dimana hanya efektif menurunkan sekitar 13% risiko COVID-19 bergejala'' katanya pada Konferensi Pers secara Virtual, 12 Mei 2021.

Kajian cepat dilakukan pada periode 13 Januari sampai 18 Maret 2021 dengan fokus pada tenaga kesehatan di wilayah DKI Jakarta. 

Kajian cepat ini menggunakan desain Kohort Retrospektif, yakni menelusuri riwayat setiap individu yang dilibatkan dalam penelitian ini.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemenkes

tags
Artikel Rekomendasi
terkait