CEK FAKTA: Ini Perbedaan Hasil CT Scan Orang yang Divaksin Covid-19 dan Tidak Divaksin

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 7 Mei 2021, 22:10 WIB

Cek faktaCEK FAKTA: Ini Perbedaan Hasil CT Scan Orang yang Divaksin Covid-19 dan Tidak Divaksin/Tangkapan Layar akun facebook Kiran KS

FIXINDONESIA.COM - Belum lama ini heboh di media sosial sebuah foto yang menampilkan hasil CT Scan yang diklaim merupakan perbandingan paru-paru pasien postif covid-19 antara divaksin dan tidak divaksin.

Dalam foto yang diunggah akun facebook bernama Kiran KS itu, nampak paru-paru pasien yang tidak divaksin Covid-19 banyak bercak putih sedangkan yang divaksin bersih. 

“Can you see why you should get vaccinated at the first chance you get? See the CT scan difference between two COVID positive patients. Dr. Sumit K Dubey shared this on Twitter.”

Baca jugaDinilai Vulgar, MUI Minta Sejumlah Tayangan TV ini Dihentikan Sementara

“Dapatkah Anda melihat, mengapa Anda harus divaksinasi pada kesempatan pertama? Lihat perbedaan CT scan antara dua pasien positif COVID. Dr. Sumit K Dubey membagikan ini di Twitter," sebagaimana dilansir FIXINDONESIA.COM dari unggahan foto tersebut. 

CEK FAKTA 

Dilansir dari Factly.in dalam artikel berjudul “This CT Scan report does not represent the lungs of a COVID-19 vaccinated person” dijelaskan foto tersebut tidak ada kaitannya dengan CT Scan paru-paru pasien yang telah disuntik vaksin.

Foto tersebut diterbitkan pada April 2020, yang merupakan bagian dari penelitian oleh Rumah Sakit Vancouver, British Columbia University, bekerja sama dengan the Vancouver Coastal Health Research Institute untuk memprediksi virus Covid-19 menggunakan CT scan. Adapun pada April 2020, program vaksinasi Covid-19 belum dijalankan.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait