CEK FAKTA: Benarkah Mandi Air Hangat dapat Menyembuhkan Pilek? Simak Penjelasannya di Sini

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 4 Maret 2021, 12:25 WIB

Air hangatAir hangat/FIXINDONESIA.COM/Pixabay/qimono

FIXINDONESIA.COM - Banyak informasi beredar di media sosial bahwa mandi air hangat dapat menyembuhkan pilek pada anak-anak. Namun apakah cara tersebut bisa benar-benar efektif? Cek faktanya di sini. 

Gangguan saluran pernapasan bagian atas yang dapat membuat penderitanya merasakan hidung tersumbat alis pilek, biasanya disebabkan oleh infeksi virus, iritasi dan alergi (asap rokok, debu dan sejenisnya). 

Selain mengalami hidung tersumbat, pilek juga bisa disertai dengan bersin-bersin, sakit tenggorokan, demam ringan, dan batuk. 

Sementara apabila pilek sedang menyerang anak-anak, maka biasanya mereka akan lebih rewel lantaran merasa tidak nyaman dan sulit untuk beristirahat.

Daya tahan tubuh yang belum stabil seperti orang dewasa mengakibatkan anak-anak lebih sering terkena pilek. Kebanyakan para orang tua biasanya memandikan anak mereka dengan air hangat agar membantu menyembuhkan pilek

Baca juga: Selain Janda Bolong, 5 Tanaman Hias Ini Miliki Nilai Estetika yang Cocok Dipajang di Rumah

Namun perlu dketahui, dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, memandikan anak dengan air hangat ternyata tidak bisa menyembuhkan pilek

Dijelaskan, bahwa pilek pada anak akan sembuh sendiri dalam jangka waktu dua minggu. Sehingga mandi air hangat hanya berguna untuk meringankan gejala pilek saja agar si kecil dapat tidur lebih nyaman.

Baca juga: 6 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Salah Satunya Semangka

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemenkes

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot