CEK FAKTA: Benarkah Kunyit Bisa Membantu Mengobati Alergi? Simak Penjelasannya di Sini!

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 10 Maret 2021, 14:50 WIB

CEK FAKTA: Benarkah Kunyit Bisa Membantu Mengobati Alergi? Simak Penjelasannya di Sini!CEK FAKTA: Benarkah Kunyit Bisa Membantu Mengobati Alergi? Simak Penjelasannya di Sini!/Pixabay/Nikin

FIXINDONESIA.COM - Apakah Anda sedang mengalami ruam di kulit, bersin dan batuk? Jika hal itu terjadi berulang dalam periode yang sama, Anda mungkin mengalami alergi musiman. Tapi tenang, ternyata kunyit bisa membantu permasalahan yang Anda alami. 

Dalam beberapa penelitian dijelaskan bahwa Kurkumin yang di miliki kunyit membantu Anda mengatasi gejala alergi dan juga mengurangi peradangan. 

Selain itu, kandungan fitokimia polifenol dalam kunyit, dapat memodulasi sistem kekebalan tubuh Anda dan mencegah pelepasan histamin (senyawa yang memicu respons peradangan dan gatal) dari sel mast.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak di Musim Hujan atau Dingin

Dilansir dari berbagai laman kesehatan, kunyit juga bisa membantu meringankan hidung tersumbat, bersin, serta gejala rinitis alergi lainnya. Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 241 pasien, kurkumin ditemukan pada kunyit dapat meningkatkan aliran udara hidung dalam periode dua bulan. 

Lantas bagaimana cara menggunakan kunyit untuk mengobati alergi? Berikut ini caranya: 

1. Bubuk Kunyit

Tambahkan bubuk kunyit ke kari, kentang goreng, susu, salad, dan makanan lainnnya agar bisa membantu meredakan alergi Anda. 

Cara ini bisa dilakukan setiap kali makan. Namun ingat, jangan terlalu banyak menaburkan bubuk kunyit pada makanan Anda. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot