CEK FAKTA: Bawang Merah dan Garam Laut Bisa Melawan Covid-19

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 25 Mei 2021, 12:55 WIB

CEK FAKTACEK FAKTA: Bawang Merah dan Garam Laut Bisa Melawan Covid-19/Tangkapan layar Facebook

FIXINDONESIA.COM - Beredar di media sosial sebuah foto yang menerangkan bahwa memakan bawang merah 3 kali sehari dan membalurkan garam laut di dekat hidung bisa melawan Covid-19.

Selain itu disebutkan dalam unggahan akun facebook dengan nama pengguna Pam Vredenburg, bahwa melawan Covid-19 juga bisa dengan tetesan air perasan lemon ke hidung dan dengan tidur tengkurap selama 2 jam. 

CEK FAKTA

Baca juga: CEK FAKTA: Ada Microchip Magnetik di Vaksin Covid-19, Wanita Ini Membuktikannya

Baca juga: CEK FAKTA: Vaksin Sinovac Efektif Cegah Kematian

Berdasarkan hasil penelusuran, WHO melalui situs resminya telah menegaskan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa meneteskan air perasan lemon dapat mencegah maupun mengobati Covid-19. 

Melansir dari Times Now, dokter spesialis onkologi Rumah Sakit Wockhardt, Mira Road, Mumbai, dr. Chandra Veer Singh, menyatakan bahwa meneteskan air perasan lemon ke hidung dapat menyebabkan sinusitis, yaitu penyakit iritasi dan peradangan saluran pernapasan.

Lebih lanjut, klaim bahwa memakan bawang merah dapat mengobati Covid-19 juga pernah beredar sebelumnya di India. Pemerintah India melalui akun Twitter resminya telah menegaskan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa memakan bawang merah dapat mengobati Covid-19.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Covid19.go.id

tags
Artikel Rekomendasi