CEK FAKTA: Apakah Bawang Merah dapat Mencegah Flu? Begini Faktanya

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 9 Maret 2021, 17:20 WIB

Apakah Bawang Merah dapat Mencegah Flu? Begini FaktanyaApakah Bawang Merah dapat Mencegah Flu? Begini Faktanya/Pixabay/stux

FIXINDONESIA.COM - Flu merupakan salah satu gangguan pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus. Beredar kabar bahwa ternyata bawang merah dapat mencegah penularan flu. Untuk mengetahui faktanya, berikut ini penjelasannya. 

Ketika akan terkena flu, biasanya tubuh akan di tumpangi virus lalu kemudian daya tahan tubuh semakin turun, sehingga menyebabkan bakteri menginfeksi tubuh. 

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, bawang merah merupakan salah satu bumbu masakan yang memiliki beberapa manfaat, di antaranya, dapat membantu mencegah kanker dan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Penyebab dan Tips Cegah Sakit Kepala Ketika Lapar

Selain itu bawang merah juga bermanfaat dalam membantu menormakan kadar gula darah, menurunkan kolestrol dan memperkuat imunitas tubuh. 

Lantas apakah benar bawang putih dapat mencegah flu

Seperti dijelaskan di atas, bahwa apabila daya tahan tubuh baik, virus yang menginfeksi tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Sehingga bukan bawang merah yang dapat mencegah seseorang terkena flu, tapi daya tahan yang baik dapat mencegah terkena flu.

Baca juga: 10 Manfaat Minyak Esensial Lavender, Bisa Atasi Jerawat hingga Cegah Rambut Rontok

Baca juga: 12 Tips Ampuh untuk Mengendalikan Amarah, Salah Satunya Bernyanyi

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemenkes

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait