CEK FAKTA: Ada Microchip Magnetik di Vaksin Covid-19, Wanita Ini Membuktikannya

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 21 Mei 2021, 19:10 WIB

Ilustrasi Vaksin ADP (Shammil)Ilustrasi CEK FAKTA: Ada Microchip Magnetik di Vaksin Covid-19, Wanita Ini Membuktikannya /Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Belum lama ini beredar di media sosial unggahan yang menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 memiliki microchip magnetik. Berikut ini cek faktanya. 

Dalam postingan yang beredar, nampak seorang wanita memperlihatkan lengannya memiliki reaksi magnet setelah menerima vaksin Covid-19.

Hal itu ditunjukkan dengan meletakan magnet di tempat Dia menerima vaksin. Setelah itu, terlihat magnet tersebut langsung menempel. 

Baca juga: Profesor Gaza University Ungkap Awal Mula Konflik Terbaru Israel-Palestina

Baca juga: Mengaku Terinspirasi Video Porno, Pelaku Pelecehan Terhadap Anak Perempuan di Masjid Terancam 15 Tahun Penjara

Sementara, ketika Dia melakukan hal yang sama pada lengannya yang lain, magnet tersebut akan jatuh. Di akhir video, wanita tersebut memperingatkan agar tidak melakukan vaksinasi Covid-19. 

Pemeriksa fakta independen di lingkup internasional seperti Lead Stories, USA Today, AFP United States, dan Factcheck.org telah membantah klaim tersebut berdasarkan hasil penelusuran dan klarifikasi dari institusi resmi di bidang kesehatan.

Melansir dari AFP, para ahli medis mengatakan bahwa video tersebut tidak lebih dari teori konspirasi yang termasuk ke dalam kategori disinformasi tentang virus Covid-19.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Covid19.go.id

tags
Artikel Rekomendasi