Catat, Ternyata Begini Alur Pendaftaran Seleksi PPPK 2021 Agar Lolos Jadi ASN

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 23 Maret 2021, 23:50 WIB

Perbedaan PPPK 2021 dengan Tahun Sebelumnya yang Wajib Diketahui Pendaftar Agar Lolos SeleksiIlustrasi: Catat, Ternyata Begini Alur Pendaftaran Seleksi PPPK 2021 Agar Lolos Jadi ASN/Jan Vašek/Pixabay

FIXINDONESIA.COM – Pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) direncanakan akan dibuka pada Mei-Juni 2021 mendatang. 

Nantinya, para pendaftar yang lolos seleksi PPPK 2021 akan langsung mendapatkan status pegawai sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tetapi bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Iwan Syahril mengungkapkan terdapat perbedaan antara alur pendaftaran seleksi PPPK 2021 dengan seleksi CPNS 2021. 

Baca juga: INGAT! Pendaftaran SPAN-PTKIN Ditutup 27 Maret 2021, Cek Jadwal Lengkapnya di Sini

Menurutnya, hanya akan ada 2 tahapan seleksi dalam PPPK 2021, yakni Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sementara untuk CPNS 2021 terdapat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Selain itu Iwan Syahril menambahkan, bahwa materi yang diujikan untuk seleksi guru PPPK 2021 hanya tentang kemampuan guru (sisi pengetahuan maupun kemampuan mengajarnya). 

“Pada dasarnya, seorang guru mata pelajaran (maple) harus menguasai teoritisnya dan bagaimana mengajarkannya kepada para siswa agar lebih mudah dipahami,” jelasnya. 

Sehingga menurutnya, guru yang benar-benar terbiasa mengajar dengan baik akan bisa dengan mudah lolos seleksi PPPK 2021. 

Baca juga: Kolaborasi ACT dan Komunitas Sentuh Masyarakat Kurang Mampu di Bandung Barat

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait