Catat! Begini Cara Mendapatkan Sumber Magnesium yang Cukup Bagi Tubuh

Firda Najmi Amaludin - Minggu, 4 April 2021, 14:31 WIB

ilustrasi: sereal, biji, dan kacangilustrasi: sereal, biji, dan kacang/Cara Mendapatkan Sumber Magnesium yang Cukup Bagi Tubuh/Mike/Pexels

FIXINDONESIA.COM - Kekurangan magnesium juga dikenal sebagai hipomagnesemia adalah masalah kesehatan yang sering banyak orang mengabaikannya.

Meskipun dari kita tidak sampai memenuhi Angka Kecukupan Gisi (AKG) dari kebutuhan magnesium untuk tubuh, namun ada banyak rekomendasi makanan dengan kandungan magnesium yang tinggi untuk dikonsumsi. 

Magnesium bisa kita temukan di tumbuhan maupun makanan yang bersumber hewani. 

Namun, sumber terkaya kandungan magnesiun terdapat pada biji-bijian dan kacang-kacangan.

Baca juga: Terharu! Tak Bisa Hadir di Pernikahan, Ini Pesan Kedua Orang Tua Atta Halilintar

Perlu diketahui, seseorang dengan umur 14 - 18 tahun membutuhkan sumber magnesium setiap hari sebesar 410mg untuk pria dan 360 mg bagi wanita. Sedangkan umur 19 - 30 tahun kebutuhan per harinya sebesar 400 mg bagi pria dan 310 mg bagi wanita. 

Untuk umur 31 - 50 tahun kebutuhan magnesium yang dibutuhakn per hari sebanyak 420 mg bagi pria dan 320 mg bagi wanita. Sedangkan 51 tahun keatas kebutuhan per harinya sebanyak 420 mg bagi pria dan 320 mg bagi wanita. 

Baca juga: 7 Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium yang Tak Boleh Diabaikan

Dilansir FIXINDONESIA.COM dari berbagai sumber, di bawah ini adalah kandungan magnesium dalam 3,5 ons (100 gram) yang terdapat pada biji-bijian. 

Editor: Firda Najmi Amaludin

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi