Cara Mudah Cek Stok Obat di Apotek Lewat Aplikasi Farmaplus di farmaplus.kemkes.go.id

Rinda Suherlina - Senin, 12 Juli 2021, 11:30 WIB

ObatObat/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM Kemenkes telah membuat aplikasi yang memungkinkan masyarakat dapat mengakses ketersediaan obat di apotek sebelum membelinya.

Ketersediaan obat dapat diakses melalui laman https://farmaplus.kemkes.go.id/

''Farmaplus ini bisa diakses dengan mudah. Kita bisa ketahui di apotek mana obat yang sedang kita cari berada,'' kata Plt. Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan drg. Arianti Anaya dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu 10 Juli 2021.

Aplikasi Farmaplus ini, lanjut drg. Arianti, akan dikembangkan dengan jejaring apotek sampai ke seluruh Indonesia.

Baca juga: Kimia Farma Bakal Buka Vaksinasi Berbayar, Legislator: Kesehatan Rakyat Jangan Dikomersialkan

Tak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan obat yang meningkat sejalan dengan lonjakan kasus konfirmasi COVID-19, pemerintah telah mendorong seluruh industri farmasi baik swasta maupun BUMN untuk meningkatkan kapasitas produksinya, termasuk mempercepat proses importasi obat.

''Setelah itu kita mendorong dan memantau industri agar sesegera mungkin mendistribusikan obat-obat ke Faskes dan ke apotek-apotek sehingga tidak ada penimbunan obat-obatan di industri ataupun di PBF (Pedagang Besar Farmasi) agar masyarakat bisa terus mengakses obat-obatan yang diperlukan,'' ucap drg. Arianti.

Ia mengimbau kepada seluruh anggota masyarakat sebelum membeli obat-obatan terapi COVID-19 harus berkonsultasi dahulu dengan dokter, kecuali vitamin.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi