Cara Membuat NPWP Online Anti Ribet

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 27 Juli 2021, 17:30 WIB

Cara Membuat NPWP Online Anti RibetCara Membuat NPWP Online Anti Ribet/Kemenkeu

FIXINDONESIA.COM - Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan.

NPWP digunakan sebagai identitas atau tanda pengenal wajib pajak untuk melaksanakan hak dan kewajiban per individu mengenai perpajakan atau acuan untuk membayar pajak.

Saat ini Anda tidak perlu repot-repot datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk membuat NPWP. Sebab bisa dilakukan secara online (daring). 

Baca juga: Lirik Lagu Rose D.O. EXO: Salah Satu Track List di Album 'Empathy'

Baca juga: Terungkap, Ternyata Ini Usaha Akidi Tio Sang Penyumbang Penanganan Covid-19 Rp2 Triliun

Berikut ini cara membuat NPWP secara online

1. Pertama-tama dalam cara membuat NPWP online, kunjungi situs Dirjen Pajak terlebih dahulu di alamat situs pajak.go.id atau untuk dapat langsung mengakses halaman pendaftaran NPWP online dapat klik ereg.pajak.go.id/login. Kemudian pilih menu e-Registration.
2. Klik tombol ‘Daftar’ yang terdapat pada bagian bawah untuk pendaftaran akun baru.
3. Masukkan alamat email Anda yang masih aktif dan yang sering Anda gunakan. Alamat email yang masih aktif merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam cara membuat NPWP online karena alamat email ini juga akan digunakan pada formulir pada proses pendaftaran NPWP. Lalu, ulangi kode captcha yang tertera.
4. Lakukan aktivasi akun Anda melalui via email. Dengan cara cek dan buka kotak masuk pada alamat email yang telah Anda daftarkan kemudian cari email yang masuk dari Dirjen Pajak. Setelah membuka email tersebut, klik link verifikasi. Secara otomatis Anda akan langsung terhubung ke halaman pendaftaran.
5. Lengkapilah seluruh data pendaftaran yang diminta dengan benar seperti nama, alamat email, password, dan data lainnya. Pastikan kembali bahwa data yang Anda isi sudah lengkap dan benar karena jika data yang Anda isi tidak lengkap dan salah maka Anda tidak bisa melanjutkan ke cara membuat NPWP
6.Setelah proses aktivasi telah berhasil dilakukan, silahkan login kembali ke laman sistem e-Registration dengan memasukkan alamat email Anda dan password yang telah Anda buat sebelumnya. Kemudian, Anda akan dialihkan ke laman tampilan Registrasi Data Wajib Pajak untuk mengisi formulir pembuatan NPWP

Cara Pengisian Formulir NPWP Online

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi