Cairkan Bantuan Kartu Sembako Maret 2021, Cek NIK KTP di dtks.kemensos.go.id

Dzimar Hariz Nugraha - Senin, 22 Maret 2021, 16:40 WIB

CEK! Ini 3 Kriteria Penerima Bansos BPNT Kartu Sembako Rp200 RibuInilah cara cek NIK KTP untuk mendapatkan Bantuan Program Kartu Sembako atau BPNT Rp200 ribu dari Kemensos./Instagram.com/@kemensosri

FIXINDONESIA.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan sejumlah Bantuan Sosial (Bansos) pada 2021 demi menjamin kebutuhan masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19, salah satunya Program Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp200 ribu.

Tiga progam Bansos resmi diluncurkan Kemensos serentak pada 2021, di antaranya Program Kartu Sembako atau BPNT, Bantuan Sosial Tunai (BST), serta Program Keluarga Harapan (PKH).

Anggaran senilai Rp45,12 triliun disiapkan pemerintah untuk Program Kartu Sembako atau BPNT dengan capaian penyaluran untuk 18,8 juta penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Program Bansos ini termasuk dalam efektivitas dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah wabah pandemi Covid-19.

Penerima harus terdaftar sebagai KPM di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) supaya bisa mengklaim Bansos.

Baca juga: Keukeuh Tolak Impor 1 Juta Ton Beras, Ini Alasan Dibalik Penolakan PDI Perjuangan

Baca juga: CEK FAKTA: Pemerintah Siapkan Pengangkatan CPNS 2021 Jalur Khusus!

Berikut cara agar data penerima Bansos BPNT terdaftar di DTKS:

1. Klik dan login dtks.kemensos.go.id.

Editor: Dzimar Hariz Nugraha

Sumber: Kemensos

tags
Artikel Rekomendasi