Cairkan Bansos BPNT Rp200 Ribu Februari 2021, Cek NIK KTP di dtks.kemensos.go.id

Fahrurrazi Assyar Halim - Jumat, 5 Maret 2021, 16:43 WIB

Ilustrasi Uang ShammilIlustrasi Uang Shammil/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM  - Pemerintah melalui Kementerian Sisoal (Kemensos) terus menyalurkan bantuan sosial (Bansos)bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Salah satu bantuan yang disalurkan Kemensos pada 2021 ialah Bantuan Pangan non Tunai (BPNT) Rp200 ribu atau program kartu sembako.

Pemerintah melalui kemensos menyalurkan tiga program bantuan sosial pada 2021, sebelumnya, 3 jenis program bansos tersebut sudah disalurkan pemerintah pada 2020, namun pemerintah merasa perlu adanya perpanjangan menimbang masih banyaknya masyarakat yang belum terbantu.

Adapun ketiga program bantuan yang disalurkan Kemensos ialah BPNT atau Program Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Program Keluarga Harapan (PKH) pada Senin, 4 Januari 2021.

Pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp45,12 triliun untuk Program Kartu Sembako atau BPNT dengan capaian penyaluran untuk 18,8 juta penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca juga: Cairkan Dana BPNT Rp200 Ribu Maret 2021 Bisa Pakai Kartu KKS, Begini Caranya

Program Bansos ini termasuk dalam efektivitas dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, dengan adanya Bansos BPNT dan Bansos lainnya mampu menunjang kebutuhan masyarakat di tengah pandemi. 

"Kita harapkan bantuan ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 dan diharapkan jadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional kita, mengungkit ekonomi nasional dan memperkuat daya beli masyarakat sehingga diharapkan pertumbuhan ekonomi nasional meningkat dan membaik," ujar Presiden Jokowi.

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: Kemensos

tags
Artikel Rekomendasi