Buruan Cek! Ini Bocoran Soal Seleksi PPPK 2021 Bagi Guru Honorer

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 10 Maret 2021, 22:50 WIB

Perbedaan PPPK 2021 dengan Tahun Sebelumnya yang Wajib Diketahui Pendaftar Agar Lolos SeleksiBocoran Soal Seleksi PPPK 2021 Bagi Guru Honorer /Jan Vašek/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Bocoran soal seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 bagi guru honorer kerap kali dicari para calon pendaftar, sebab hal itu bisa dijadikan acuan untuk menyiapkan pembelajaran secara mandiri sebelum seleksi dibuka oleh Kemendikbud. 

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan mempersiapkan materi-materi pembelajaran untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim saat berdiskusi dengan warga sekolah di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Sorong, Papua Barat, 10 Februari 2021. 

Nadiem menjelaskan, bagi guru honorer yang belum dinyatakan lulus seleksi PPPK 2021, pihaknya memberikan kesempatan mengikuti tes PPPK ini sampai tiga kali.

Baca juga: Simak Baik-Baik, Ikuti Langkah-Langkah Ini Jika Ingin Lolos Seleksi PPPK 2021 Guru Honorer

“Kalau tahun ini belum lolos seleksi, bisa mencoba sampai dengan tiga kali,” tutur Nadiem sebagaimana dilansir FIXINDONESIA dari laman Setkab. 

Tambahnya, bahwa Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) nantinya akan menerima jumlah gaji yang sama alias setara. Sebab, berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 PPPK dan PNS statusnya sama-sama aparatur sipil negara (ASN). 

“Gaji dan tunjangan PPPK sama dengan PNS. Uang yang diterima tiap bulan itu akan sama, semoga tidak lagi ada mispersepsi,” tegasnya.  

Selain itu, Nadiem mengungkapkan, seleksi PPPK 2021 dibuka bagi guru honorer segala usia. Pembukaan seleksi ini merupakan upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah kekurangan guru dan kesejahteraan guru honorer di berbagai daerah.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terkait