Bun, Iniloh Cara Melindungi Masa Depan Anak-anak

Ajeng Dwita Ayuningtyas | Siti Resa Mutoharoh - Senin, 26 April 2021, 12:10 WIB

Ilustrasi anak bermain gawai.Ilustrasi Lindungi Masa Depan Anak-anak sebagai Generasi Penerus Bangsa/PIXABAY/AndrewAngelov

FIXINDONESIA.COM- Anak merupakan anugerah luar biasa dari Tuhan. Bagi sebuah negara, anak adalah harapan, masa depan, dan aset paling berharga.

Oleh karena itu, setiap anak memiliki Hak Asasi Manusia, hak untuk hidup, tumbuh, berkembang, dilindungi dari kekerasan, dan dilindungi dari diskriminasi.

Hak dan perlindungan bagi anak-anak telah tercantum dalam regulasi yang berlaku di Indonesia.

Dalam Pasal 28 B ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945 dinyatakan, “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.”

Selain itu, perlindungan anak secara jelas diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Baca juga: Komitmen Indonesia dalam Mendukung Pengendalian Perubahan Iklim

Komitmen Indonesia dalam melindungi anak-anak juga tertuang pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Convention on the Right of the Child atau Konvensi Hak Anak-anak.

Perlindungan hukum terhadap anak-anak dalam seluruh lingkungan sosiologisnya (di rumah, di sekolah, tempat umum, dan lain sebagainya) adalah salah satu komponen penting untuk mengurangi kasus kekerasan pada anak.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi
terkait