Bukan Bu Risma, Ternyata Pihak Ini yang Bisa Hapus Nama Penerima Bansos

Rinda Suherlina - Senin, 4 Oktober 2021, 11:24 WIB

BansosYang Bisa Menghapus Data Penerima Bansos di DTKS/FIXINDONESIA.COM

FIXINDONESIA.COM - Sebelumnya diberitakan viral video Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Mensos Risma yang akrab disapa Bu Risma marah-marah saat melaksanakan rapat bersama pejabat Provinsi Gorontalo terkait distribusi bantuan sosial (bansos).

Kemarahan Risma bermula saat pendamping PKH yang mempertanyakan ada warga yang terdata, tetapi saldonya tidak pernah terisi lagi.

"Detailnya hanya masalah data, pendamping PKH itu menyatakan kepada ibu menteri bahwa ada nama-nama ini tapi saldonya kosong. Karena informasinya sudah dicoret. nah itu yang bikin (Risma) naik darah," kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Lalu siapa yang bisa menghapus data penerima bansos?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan bahwa peran pemerintah daerah (pemda) menjadi kunci dari penyaluran bantuan sosial (bansos) tepat sasaran.

Hal ini sejalan dengan ketentuan dalam undang-undang (UU) yang memberikan kewenangan kepada pemda untuk melaksanakan pemutakhiran data kemiskinan.

Dalam proses pemutakhiran data, UU memberi kewenangan pemda menentukan siapa saja yang layak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan siapa yang tidak.

Mensos mempersilakan masyarakat mempelajari ketentuan dalam UU No. 13 tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin. 

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi