BST Rp300 Ribu Cair Sejak Februari 2021, Hanya 3 Kriteria Ini yang Berhak Mendapat Bantuan

Fahrurrazi Assyar Halim - Sabtu, 13 Maret 2021, 8:00 WIB

Bansos BST Rp300 Ribu Bisa Dicabut Jika KPM Ketahuan Beli IniBansos BST Rp300 Ribu Bisa Dicabut Jika KPM Ketahuan Beli Ini/Dokumen pribadi/Firda Rachmawati/FIX INDONESIA

FIXINDONESIA.COM -  Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sosial (Bansos) pada Februari dan akan dilanjutkan hingga April 2021.

Kemensos menegaskan Bantuan Sosial Tunai (BST Rp300 ribu) pada tahun ini akan lebih tepat sasaran, artinya penyaluran bantuan akan benar-benar kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pemerintah bersama kemensos berupaya menyalurkan bansos kepada masyarakat dengan tepat sasaran, pasalnya masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan dan belum mendapatkan manfaat.

Baca juga: Cara Cek Nama Penerim Bansos 2021 dengan Mudah, Cukup Pakai Aplikasi Ini

Selain itu, berikut ini kriteria penerima BST Rp300 ribu

Pertama, calon penerima BST Rp300 ribu merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/ RW.

Kedua, calon penerima BST Rp300 ribu adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah pandemi COVID-19.

Ketiga, calon penerima BST Rp300 ribu tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah pusat seperti PKH, Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ataupun Kartu Prakerja.

Apabila Anda sudah memenuhi 3 kriteria tersebut, maka Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke pihak RT/ RW dan bisa juga mendaftar diri melalui desa atau kelurahan setempat. 

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: Kemensos

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot