Breaking News: Innalilahi, Tokoh Hukum Indonesia, Mochtar Kusumaatmadja Meninggal Dunia

Firda Rachmawati - Minggu, 6 Juni 2021, 12:10 WIB

Tokoh Hukum Indonesia, Mochtar KusumaatmadjaTokoh Hukum Indonesia, Mochtar Kusumaatmadja/Wikimedia/

FIXINDONESIA.COM - Tokoh Hukum Indonesia, Prof. Dr. Mochtar Kusumaadtmadja., S.H dikabarkan meninggal dunia.

Kabar duka tersebut diterima FIXINDONESIA.COM dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Minggu 6 Juni 2021.

Mochtar Kusumaatmadja adalah tokoh hukum Indonesia yang telah berhasil membawa pembaharuan hukum di Indonesia. Hukum baginya dapat menjadi sarana pembaharuan. Mochtar mengenalkan konsep hukum sebagai sarana pembaharuan sosial. 

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Pola Tidur Berubah Saat Memasuki Lanjut Usia

Pemikirannya ini menurut Soetandjo Wignjosoebroto, seorang sosiolog, dalam buku Mochtar Kusumatmadja dan Teori Hukum Pembangunan karena dipengaruhi oleh pemikiran Roscoe Pound, Mochtar adalah salah seorang penganut aliran hukum sosiological jurisprudence.

Semasa hidupnya, Mochtar telah mengabdikan dirinya untuk negara, dunia pendidikan, dan kemanusiaan. Mochtar pernah menjabat sebagai rektor Universitas Padjadjaran, di masa Orde Baru Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman dan Menteri Luar Negeri.  Ia pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman dari tahun 1974 sampai 1978 dan Menteri Luar Negeri dari tahun 1978 sampai 1988. 

Semasa dalam pengabdian di pemerintahan, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran itu sumbangsihnya cukup besar dalam merumuskan konsep Wawasan Nusantara, terkait batas laut teritorial, batas darat, dan batas landas kontinen Indonesia. Konsepnya ini kemudian tertuang di dalam deklarasi Djuanda 13 Desember 1957.

Baca juga: Sempat Dihentikan, Sinetron Suara Hati Istri Zahra Tayang Lagi dengan Judul Baru

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi