BPNT Rp200 Ribu Cair untuk Pemilik KKS, Begini Cara Buat Kartunya di RT/RW Terdekat

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 12 Maret 2021, 17:50 WIB

Foto Ilustrasi KKS ShammilFoto Ilustrasi KKS Shammil/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp200 ribu untuk pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) pada Maret 2021. 

Sebelumnya, bansos ini disalurkan dalam bentuk sembako senilai Rp200 ribu. Namun khusus untuk wilayah Jabodetabek, Kemensos menggantinya menjadi penyaluran berupa uang tunai Rp200 ribu per KPM. 

“Untuk wilayah Jabodetabek yang tahun ini menggunakan skema sembako, bantuan berupa sembako akan diubah menjadi bantuan langsung tunai yang nanti akan diantar oleh tenaga dari PT Pos ke rumah,” kata Mensos Risma.

Baca juga: Bantuan Kuota Data Internet 2021 Kembali Disalurkan, Ini Daftar Situs yang Diblokir Kemdikbud

Sementara untuk wilayah lainnya, penerima akan mendapatkan bantuan berupa sembako senilai Rp200 ribu. 

Target penyaluran BPNT Rp200 ribu adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata di Data Terpadu Keluarga Sosial (DTKS) dan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Namun bagi Anda yang belum memiliki KKS, berikut ini cara membuat KKS agar uang Bansos BPNT Rp200 ribu cair.

1. Pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa mendatangi aparat pemerintah daerah setempat seperti RT/RW atau Kantor Kelurahan/Desa.

2. Setelah mendaftar, nantinya akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah dilakukan.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait