Bongkar! Ternyata Virus B1525 Berasal dari Orang Ini

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 16 April 2021, 8:28 WIB

Ilustrasi: Jepang mengkhawatirkan adanya gelombang keempat akibat varian baru virus koronaIlustrasi: Terungkap! Ternyata Virus B1525 Berasal dari Orang Ini /freefik.com/recstockfootage

FIXINDONESIA.COM - Kepala Dinkes Kepri Bisri di Tanjungpinang Kepulauan Riau mengungkapkan, Covid-19 varian baru yaitu virus B1525 ditemukan di Batam dari pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia yang pulang ke Tanah Air.

Menurutnya, kasus Covid-19 yang bermutasi menjadi B1525 terungkap setelah pihaknya melakukan penelitian terhadap seorang pasien berstatus sebagai PMI di Negeri Jiran yang kembali ke Tanah Air melalui Batam sekira dua bulan lalu.

"Dari hasil penelitian, ternyata pasien tersebut terinfeksi BI525, namun tidak menyebar luas," ungkapnya, 15 April 2021. 

Baca juga: Simak Syarat Penerima BLT UMKM Rp1,2 Juta Tahun 2021 di Sini

Lebih lanjut Bisri menuturkan, PMI tersebut berangkat dari Malaysia menuju Batam dengan menggunakan kapal feri. Menurut hasil penelusuran, tidak ditemukan orang-orang yang kontak dengan pasien tersebut.

Bisri melanjutkan, pasien itu bergejala ringan sehingga tidak perlu dirawat dan melakukan isolasi mandiri di rumah singgah di Batam sebelum kembali ke kampung halamannya. 

"Pasien itu sudah sembuh," tukasnya. 

Baca juga: Ombudsman Bongkar Kronologi Kebakaran Kilang Minyak di Indramayu: Pertamina Acuhkan Keluhan Warga Setempat

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi