Bongkahan Es Terbesar di Dunia Terbentuk di Antartika, Ukurannya Hampir 4 Kali Kota New York

Firda Rachmawati - Kamis, 20 Mei 2021, 12:53 WIB

Gambar dari Badan Antariksa Eropa menunjukkan A-76ce dan perbandingan ukurannya dengan Majorca. Foto: Badan Antariksa EropaGambar dari Badan Antariksa Eropa menunjukkan A-76ce dan perbandingan ukurannya dengan Majorca. Foto: Badan Antariksa Eropa

FIXINDONESIA.COM - Badan Antariksa Eropa mengatakan bongkahan es raksasa berukuran hampir empat kali ukuran Kota New York telah terlepas dari tepi beku Antartika ke laut Weddell.

Bongkahan tersebut menjadi gunung es terbesar yang mengapung di dunia.

Gunung tersebut dinamakan A-76 oleh para ilmuwan.

Dalam gambar satelit yang baru-baru ini diambil oleh misi Copernicus Sentinel-1, foto lapisan es tersebut sangat besar dan lonjong.

Baca juga: Benarkah Sarapan Jus Jeruk Tidak Baik? Begini Penjelasan Ahli

Luas permukaannya mencakup 4.320 km persegi (1.668 mil persegi) dan panjangnya 175 km (106 mil) dengan lebar 25 km (15 mil).

Sebagai perbandingan, total luas tanah dan air Kota New York adalah 1.213 km persegi sedangkan pulau Mallorca Spanyol di Mediterania menempati 3.640 km persegi.

Besarnya A-76, yang memisahkan diri dari beting es Ronne Antartika, menempati urutan sebagai gunung es terbesar yang ada di planet ini - melebihi A-23A, yang berukuran sekitar 3.380 km persegi dan juga mengapung di laut Weddell.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: The Guardian

tags
Artikel Rekomendasi