BMKG: Akan Ada Gerhana Bulan Sebagian Pada 19 November 2021 Mendatang

Inggit Anjani Eka Putri - Jumat, 12 November 2021, 23:00 WIB

Gerhana bulan sebagian,  akan mendatang pada 19 November ini menjadi gerhana bulan terlama pada abad ke 21Gerhana bulan sebagian, akan mendatang pada 19 November ini menjadi gerhana bulan terlama pada abad ke 21/bmkg.go.id

FIXINDONESIA.COM- Akan Ada Gerhana bulan sebagian pada 19 November 2021 mendatang. Gerhana bulan sebagian yang akan mendatang pada 19 November ini diprakirakan menjadi gerhana bulan terlama pada abad ke 21.

Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa spektakuler ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan, ini terjadi pada saat fase purnama, juga dapat diprediksi sebelumnya. 

Gerhana bulan Sebagian terjadi saat sebagian piringan Bulan masuk ke umbra (bayangan utama) Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan di yang terkena umbra Bumi tersebut.

Baca juga: Agar Siap Hadapi Musim Hujan, Simaklah Tips dari BMKG!

Baca juga: Info Gempa Sukabumi Hari Ini, Diguncang Magnitudo M4,9 Berpotensi Tsunami? Begini Kata BMKG

Adapun, gerhana matahari ialah peristiwa ketika terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga semua cahayanya tidak dapat sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Menurut Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisik atau BMKG, gerhana bulan pada tahun ini, 2021 akan terjadi sebanyak 4 kali gerhana, yaitu 2 kali gerhana matahari dan 2 kali gerhana Bulan.

Dapat dilihat, ini dia rincian terjadinya gerhana bulan pada tahun 2021 dilansir pada website bmkg.go.id, adalah sebagai berikut :

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi