BLT UMKM Rp1,2 Juta Tahun 2021 Cair, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 2 April 2021, 15:56 WIB

Ilustrasi UMKM(Shammil)Ilustrasi BLT UMKM Rp1,2 Juta Tahun 2021 Cair, Begini Syarat dan Cara Daftarnya /Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau disebut juga Bantuan Langsung Tunai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (BLT UMKM) kembali cair pada tahun 2021 ini. 

"Semoga penyaluran BPUM kali ini bisa kembali berjalan dengan lancar, sehingga semakin banyak Usaha Mikro yang bisa menerima manfaatnya dan mampu untuk kembali bangkit serta dalam maju menghadapi pandemi COVID-19," tulis unggahan akun instagramnya @kemenkopukm, 27 Maret 2021. 

Berbeda dengan tahun lalu, BPUM BLT UMKM tahun 2021 ini diberikan sebesar Rp1,2 juta dengan total keseluruhan 12,8 juta calon penerima. 

Baca juga: Kemenkop UKM Gelar Vaksinasi Massal untuk 4.593 Pelaku UMKM

Perbedaan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Nomor 2 Tahun 2021. Disebutkan, bahwa penerima BLT UMKM Rp1,2 juta tidak sembarangan orang. 

Artinya harus sesuai dengan syarat yang telah ditentukan Kemenkop UKM. Berikut ini syarat mendapatkan BLT UMKM Rp1,2 juta

1. Tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan 

2. WNI dan mempunyai nomor induk kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul (Dinas yang membidangi koperasi dan UKM, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga, perbankan, dan perusahaan pembiayaan lain yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan). 

3. Bukan berasal dari anggota aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, ataupun pegawai BUMN/BUMD.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot