Bipolar Disorder dan Skizofrenia: Apa Perbedaannya?

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 31 Maret 2021, 12:42 WIB

BipolarIlustrasi: Bipolar Disorder dan Skizofrenia: Apa Perbedaannya?/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Bipolar Disorder dan skizofrenia adalah dua gangguan kesehatan mental kronis yang berbeda. Orang terkadang bisa salah mengira gejala gangguan bipolar sebagai gejala skizofrenia

Bipolar disorder dan skizofrenia memiliki beberapa kesamaan, namun kedua tentu memiliki perbedaan dari berbagai aspek. Berikut ini penjelasannya. 

Gejala

Bipolar disorder menyebabkan perubahan yang kuat pada tingkat energi, suasana hati, dan aktivitas. Seseorang dengan gangguan bipolar akan beralih antara gembira yang luar biasa, atau mania, dan depresi. 

Baca juga: Trending Gegara Nasi Goreng 400 Juta, Netizen: YaAllah Kenapa Aku Bukan Sisca Kohl?

Pergeseran ini dapat memengaruhi kemampuan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam beberapa kasus, seseorang dengan gangguan bipolar juga dapat mengalami halusinasi dan delusi. 

Sementara Skizofrenia menyebabkan gejala yang lebih parah daripada gejala gangguan bipolar. Orang dengan skizofrenia mengalami halusinasi dan delusi. 

Halusinasi dalam melihat atau mendengar hal-hal yang sebenarnya tidak ada di sana. Delusi adalah kepercayaan pada hal-hal yang tidak benar. Orang dengan skizofrenia mungkin juga mengalami pemikiran yang tidak teratur sehingga mereka tidak dapat merawat diri mereka sendiri.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait